resep smoothies untuk diet | artikel kesehatan dan nutrisi tubuh | tips resep masakan diet

Penyakit diabetes insipidus

Diabetes Insipidus adalah penyakit yang berkaitan dengan hormon ADH (anti-diuretik hormon) atau reseptornya. Hormon ADH bekerja pada ginjal untuk memekatkan urin , sehingga terjadi penyakit diabetes insipidus keseimbangan air dan elektrolit dalam tubuh. Bila terjadi gangguan pada produksi hormon ADH atau masalah pada reseptornya di ginjal, maka akan membuat produksi urin yang berlebihan sehingga bisa mengakibatkan dehidrasi dan membuat penderita merasa kehausan setiap saat.

13.rempah

Diabetes insipidus dan diabetes mellitus merupakan dua penyakit yang berbeda dan tidak terkait. Walaupun kedua penyakit ini memiliki gejala yang sama yaitu polyuria (produksi urin yang berlebihan), namun pada penderita diabetes insipidus tidak mengandung glukosa.

 

 

 

Ada 2 jenis diabetes insipidus :

 

Diabetes insipidus sentral. Penyebabnya adalah terjadi kekurangan produksi hormon ADH .

Diabetes insipidus nefrogenis. Penyebabnya adalah ginjal tidak peka atau tidak memberikan respon pada hormon anti-diuretik. Hal ini mengakibatkan urin menjadi sangat encer dan keluar dalam jumlah yang cukup banyak.

Gejala – gejala pada diabetes insipidus meliputi:

 

Rasa haus yang berlebihan

Produksi urin yang berlebihan

Kelelahan yang berhubungan dengan gangguan keseimbangan elektrolit

Diagnosis diabetes insipidus dilakukan dengan pemeriksaan lab, diantaranya:

 

Urinalisis

Level ADH plasma

Kadar glukosa darah, untuk mengeleminasi kemungkinan diabetes mellitus

Kadar elektrolit darah

Output urin

Pengobatan pada penderita, biasanya dilihat dari penyebab nya, pada tipe sentral biasa diberi terapi replacement untuk hormon ADH. Sedangkan untuk tipe nefrogenis bisa dilihat apabila ada pengunaan obat yang menyebabkan gangguan sensitifitas pada reseptor hormon maka harus diberhentikan, biasanya terapi dengan intake cairan yang cukup.

 

Komplikasi yang bisa terjadi:

 

Dehidrasi

Kulit kering

Penurunan berat badan

Demam

Denyut jantung meningkat karena ketidakseimbangan elektrolit

Umumnya prognosis pada pasien baik bila cepat ditangani , oleh karena itu segera hubungi dokter keluarga anda bila anda memiliki keluhan sesuai gejala-gejala di atas.

 

Meskipun mereka memiliki nama yang sama, diabetes mellitus dan diabetes insipidus adalah dua kondisi yang sama sekali terpisah dengan mekanisme yang tidak terkait. Jumlah penyebab baik besar urin yang akan diproduksi (poliuria), dan “diabetes” istilah berasal dari nama Yunani untuk gejala ini. Namun, diabetes insipidus adalah salah satu penyakit diabetes insipidus masalah dengan produksi hormon antidiuretik (central diabetes insipidus) atau respon ginjal terhadap hormon antidiuretik (nephrogenic diabetes insipidus), sedangkan diabetes mellitus menyebabkan poliuria melalui proses yang disebut diuresis osmotik, karena gula darah tinggi bocor ke dalam urin dan mengambil kelebihan air bersama dengan itu.

 

Angka kejadian diabetes insipidus dalam populasi umum adalah 3:100.000 [1].

 

 

Tanda dan gejala

 

Buang air kecil yang berlebihan dan haus yang ekstrim (terutama untuk air dingin dan kadang-kadang es atau air es) yang khas untuk DI [2] Gejala-gejalanya sangat mirip dengan diabetes mellitus yang tidak diobati, dengan perbedaan bahwa urin tidak mengandung glukosa. Dan ada tidak ada hiperglikemia (glukosa darah). Penglihatan kabur adalah jarang. Tanda-tanda dehidrasi juga dapat muncul pada beberapa individu, karena tubuh tidak dapat mengontrol banyaknya jumlah cairanyang keluar dan mempertahankan keseimbangan cairan tubuh .

 

 

Buang air kecil ekstrim berlanjut sepanjang hari dan malam. Pada anak-anak, DI dapat mengganggu nafsu makan, makan, berat badan, dan pertumbuhan, juga. Gejala yang muncul seringkali berupa demam, muntah, atau diare. Orang dewasa dengan DI diobati dapat tetap sehat selama beberapa dekade asalkan cukup air dikonsumsi untuk mengimbangi banyaknya cairan yang keluar meskipun risiko dehidrasi dan kehilangan kalium tetap mengintai.

 

Diagnosa

 

Untuk membedakan DIdari penyebab buang air kecil berlebih yang lain maka kadar glukosa darah, kadar bikarbonat, dan tingkat kalsium perlu diuji. Pengukuran elektrolit darah dapat mengungkapkan tingkat natrium tinggi penyakit diabetes insipidus  (hipernatremia sebagai penanda derajat dehidrasi). Urinalisis menunjukkan urin encer dengan berat jenis yang rendah. Osmolaritas Urine dan kadar elektrolit biasanya rendah.

 

Sebuah tes kekurangan cairan membantu menentukan apakah DI disebabkan oleh:

 

asupan cairan yang berlebih (polidipsia primer)

cacat dalam produksi ADH

cacat dalam respon ginjal pada ADH

 

Tes ini mengukur perubahan berat badan, output urine, dan komposisi urine ketika cairan yang ditahan dan pada saat dehidrasi terjadi. Respon normal tubuh terhadap dehidrasi adalah menahan urin dan menghemat air, sehingga urin menjadi lebih pekat dan buang air kecil menjadi lebih sering. Penderita DI terus buang air kecil dalam jumlah besar urin encer meskipun tidak minum cairan apa pun. Dalam polidipsia primer, osmolalitas urin akan meningkat dan stabil di atas 280 Osm / kg dengan restriksi cairan, sementara stabilisasi pada tingkat yang lebih rendah mengindikasikan diabetes insipidus [3] Stabilisasi dalam tes ini berarti,khususnya ketika peningkatan osmolalitas kurang dari 30 Osm / kg per jam selama setidaknya 3 jam [3] Kadang-kadang. pengukuran kadar ADH selama tes ini juga diperlukan, meskipun akan lebih memakan waktu untuk melakukannya. [3]

 

Untuk membedakan jenis DI, stimulasi desmopressin juga digunakan, desmopressin dapat dilakukan melalui suntikan, semprotan hidung, atau tablet. Pada saat menggunakan desmopressin, pasien harus minum cairan atau air hanya ketika haus dan tidak pada waktu lain, karena hal ini dapat menyebabkan akumulasi cairan mendadak pada sistem saraf pusat. Jika desmopressin mengurangi output urin dan osmolaritas meningkat, produksi hipofisis ADH berkurang, dan ginjal akan bekerja secara normal. Jika DI adalah karena ginjal patologi, desmopressin tidak mengubah baik keluaran urin atau osmolaritas.

Bagaimana cara diet turun 1 kg perhari?

memperkenalkan produk diet terbaru dengan metode detox berat badan zmooth   GARANSI TURUN BERAT BADAN 1 KG PERHARI Dengan formula nutrisi penurun berat badan dan khusus pembakaran lemak, produk zmooth ini dapat menurunkan berat badan dengan efektif 1 kg perhari untuk informasi lebih lanjut mengenai produk zmooth ini segera hubungi
  • No telepon/ whatsapp : 087886688197

  • Pin BBM : 2BBF4781

Dengan promo potongan diskon 50% dan gratis konsultasi

 

Jika dicurigai adanya central DI, pengujian hormon pituitary lainnya seperti tes MRI, diperlukan untuk mengetahui apakah terdapat suatu proses penyakit (seperti prolaktinoma, atau histiocytosis, sifilis, TBC atau tumor lain atau granuloma) yang mempengaruhi fungsihipofisis Kebanyakan orang dengan gangguan jenis ini pernah mengalami trauma kepala di masa lalu atau produksi ADH yang telah berhenti oleh karena penyebab yang belum diketahui.

 

Kebiasaan minum penyakit diabetes insipidus  (dalam kondisi terparah dikenal sebagai psikogenik polidipsia) adalah jenis DI yang paling umum dari diabetes insipidus di segala usia. Sementara kasus dewasa banyak dalam literatur medis yang berhubungan dengan gangguan mental, sebagian besar pasien dengan kebiasaan polidipsia (banyak minum) tidak memiliki penyakit terdeteksi lainnya. Perbedaan ini diketahui selama pasien menjalani uji pembatasan air, karena beberapa tingkatan konsentrasi urin diatas isosmolar biasanya diperoleh sebelum pasien menjadi dehidrasi.

 

 

Patofisiologi

 

Keseimbangan cairan dan Elektrolit adalah mekanisme yang kompleks untuk keseimbangan tekanan darah dan kadar natrium dan potasium sebagai elektrolit utama. Secara umum, pengaturan elektrolit mempengaruhi keseimbangan cairan tubuh. Ketika volume cairan sangat berkurang, tubuh akan tetap berusaha mempertahankan kadar air meskipun kadar eletrolit akan turun .

Pengaturan produksi urin terjadi di hipotalamus, yang memproduksi ADH dalam inti supraoptik dan paraventrikular. Setelah sintesis, hormon diangkut dalam butiran neurosecretory menuruni akson dari neuron hipotalamus ke lobus posterior kelenjar hipofisis, di mana disimpan untuk fungsi selanjutnya. Selain itu, hipotalamus mengatur sensasi rasa haus dalam inti ventromedial dengan merasakan peningkatan osmolaritas serum dan menyampaikan informasi ini ke korteks.

 

Organ utama pengatur keseimbangan cairan adalah ginjal. ADH berperan dengan meningkatkan permeabilitas air di saluran pengumpul dan tubulus distal yang secara khusus berperan pada protein yang disebut aquaporins dan lebih khusus lagi yaitu aquaporin 2 dalam bagan berikut, ADH (vasopresin argenine-AVP) yang diproduksi di hipotalamus dan disimpan di hipofisis posterior . Ketika diproduksi, ADH berikatan dengan V2 G-protein reseptor digabungkan dalam tubulus distal , AMP cyclic meningkat, yang berpasangan dengan protein kinase A, merangsang translokasi saluran 2 aquaporin yang disimpan dalam sitoplasma dari tubulus distal dan collecting ductske apikal membran. Saluran memungkinkan masuknya air ke dalam sel ductus. Peningkatan permeabilitas memungkinkan untuk reabsorpsi air ke dalam aliran darah, yang mempengaruhi peningkatan konsentrasi urin.

 Penyakit diabetes insipidus

Angka kejadian diabetes insipidus herediter di lapangan adalah kurang dari 10% [4]

 

 

Klasifikasi

 

Beberapa jenis DI antara lain:

 

 

Neurogenik (Diabetes Insipidus Neurogenik)

 

Neurogenik diabetes insipidus, penyakit diabetes insipidus lebih dikenal sebagai central diabetes insipidus, adalah karena kurangnya produksi vasopresin dalam otak.

 

 

Nephrogenic(Diabetes Insipidus Nephrogenic)

 

 

Nephrogenic diabetes insipidus adalah karena ketidakmampuan ginjal untuk merespon vasopresinsecara normal

 

Dipsogenic

 

Dipsogenic DI berkaitan dengan cacat atau kerusakan pada mekanisme rasa haus, yang terletak di hipotalamus [5]. Cacat ini menyebabkan peningkatan abnormal rasa haus dan asupan cairan yang menekan sekresi vasopresin dan output urin meningkat. Desmopressin tidak efektif, dan dapat menyebabkan overload cairan karena rasa haus yang menetap.

 

 

Gestational

 

DI Gestational hanya terjadi selama kehamilan. Selama kehamilan, semua wanita menghasilkan vasopressinase dalam plasenta, yang memecah ADH. DI Gestational diperkirakan terjadi dikarenakan produksi vasopressinase berlebihan. [6]

 

Sebagian besar kasus DI kehamilan dapat diobati dengan desmopressin. Dalam kasus yang jarang terjadi, bagaimanapun, kelainan pada mekanisme rasa haus memicu DI kehamilan, dan desmopressin tidak boleh digunakan.

 Penyakit diabetes insipidus

Diabetes insipidus juga berhubungan dengan beberapa penyakit serius kehamilan, termasuk pre-eklampsia, HELLP sindrom dan perlemakan hati akut dalam kehamilan. Hal ini merupakan penyebab DI dengan aktifasi vasopressinase hati. Sangat Penting untuk mempertimbangkan kemungkinan penyakit tersebut jika seorang wanita menderita diabetes insipidus saat hamil, karena kebutuhan penanganankhusus apabila diperlukan untuk melahirkan lebih dini sebelum penyakit tersebut penyakit diabetes insipidus semakin parah. Kegagalan pengobatan penyakit ini dengan segera dapat menyebabkan kematian ibu atau perinatal.

 

 

Pengobatan

 

Central DI dan DI pada kehamilan memiliki respon baik pada pengobatan dengan desmopressin. Carbamazepine sebagai obat anticonvulsive, juga berhasildalam pengobatan beberapa jenis DI. DI pada kehamilan cenderung mereda sendiri empat sampai enam minggu setelah persalinan, meskipun beberapa kejadian mencatat adanya kekambuhan pada kehamilan berikutnya. Pada dipsogenic DI, desmopressin biasanya tidak digunakan sebagai pilihan pengobatan.

 

Desmopressin tidaklah efektif dalam pengobatan nephrogenic DI. Sebaliknya, pengobatan hidroklorotiazid diuretik (thiazide diuretik) atau indomethacin dapat memperbaiki diabetes insipidus nefrogenik. Diuretik thiazide terkadang dikombinasikan dengan amiloride untuk mencegah hipokalemia. Seringkali ada kebimbangan untuk mengobati diuresis ekstrim dengan diuretik, tetapi penyakit diabetes insipidus diuretik thiazide akan menurunkan reabsorpsi tubulus distal dari natrium dan air, sehingga menyebabkan diuresis. Hal ini mengurangi volume plasma, sehingga menurunkan GFR dan meningkatkan penyerapan natrium dan air dalam nefron proksimal. Semakin sedikit cairan mencapai nefron distal, sehingga keseimbangan cairan secara keseluruhan dapat diperoleh [7].

 

Lithium-induced nephrogenic DI dapat secara efektif dikelola dengan pemberian amiloride, diuretik rendah kalium sering digunakan bersama dengan diuretik thiazide. Dokter telah menyadari toksisitas lithium selama bertahun-tahun, dan secara tradisional telah diberikan diuretik thiazide untuk lithium-induced poliuria dan diabetes insipidus nefrogenik. Namun, amiloride baru-baru ini terbukti menjadi pengobatan yang berhasil untuk kondisi ini.

 

Bagaimana cara diet turun 1 kg perhari?

memperkenalkan produk diet terbaru dengan metode detox berat badan zmooth   GARANSI TURUN BERAT BADAN 1 KG PERHARI Dengan formula nutrisi penurun berat badan dan khusus pembakaran lemak, produk zmooth ini dapat menurunkan berat badan dengan efektif 1 kg perhari untuk informasi lebih lanjut mengenai produk zmooth ini segera hubungi
  • No telepon/ whatsapp : 087886688197

  • Pin BBM : 2BBF4781

Dengan promo potongan diskon 50% dan gratis konsultasi

Incoming search terms:

Cara meningkatkan hormon adh,bila kadar ADH darah kurang maka,cara menambah hormon adh,produksi urine yang berlebihan pada tubuh seseorang menandakan terjadinya,hubungan antara hormon adh dengan penderita diabetes insipidus,bila kadar adh kurang maka,OK Google diabetes insipidus adalah gangguan fungsi ginjal yang disebabkan oleh#spf=1,produksi urin tambah banyak dan rasa haus,makanan yang mengandung hormon adh,Cara meningkatkan ADH,yang menyebabkan hormon adh berhenti diproduksi,apa hubungan antara hormon ADH dengan penderita diabetes insipidus,OK Google Mengapa hipotalamus bisa,Cara Menaikkan Hormon Adh,makanan makanan yang meningkatkan hormon adh,kenapa diabetes insipidus menggunakan diuretik tiazid,bagaimana cara meningkatkan hormone adh,diabetes insipidus urin mengandung,cara mendapatkan hormon antidiuretik,Cara mengurangi ADH dalam tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Cek Resi pengiriman anda disini
Cek :
Promo bulan ini
promo bulan ini (widget)
Pengiriman melalui
pengiriman widget
Kenyamanan belanja disini
garansi (widget)
pembayaran
pembayaran (widget)
layanan COD
layanan cod (widget)
Artikel kesehatan
Recent Search Terms
olahraga sebelum tidur utk mengecilakan paha dan betis, manfaat susu full cream dengan madu, cara menjadikan badan berotot ketika berpuasa, agar pinggul kebawah ramping, tips dancow penggemuk, susu ovaltine bikin gemuk, manfaat zumba cardio, cara mengecilkan pinggul dan paha, cara mengecilkan pinggul perempuan, cara membentot otot umur 17 th, mengecilkan pinggul dan bokong, Remaja sixpack, cara membesarkan otot umur 17 th, manfaat dancow full cream, cara membentuk otot perut yang cepat sehari berapa kali latihan, apakah oat choco bisa digunakan sebagai pengganti nasi, cara membuat badan sispek dan berisi, minum susu 2 gelas tiap hari bisa bikin berat badan naik, BAGAIMANA CARA MENGECILKAN PINGGUL HINGGA KE PAHA, Aturan minum kunir asem yang baik, manfaat susu milo, milo bisa bikin gemuk, cara membuat milkshake tanpa kalori dan lemak, cara gemuk dengan minum susu campur sprite, susu milo bikin gemuk, susu milo, Cara mengecilkan betes dibulan puasa, apakah minum milo menggemukkan, cara agar cepat gemuk pakai telur campur dancow, manfaat susu ovaltine, apakah milo bisa menambah berat badan, gerakan yoga mengecilkan perut untuk pemula khususnya lakilaki, minum kunyit asam berapa kali sehari, takaran minum jamu kunyit asam, cara tradisional mengecilkan perut dan paha, cara membuat badan kekar dan tinggi, susu nespray untuk gemuk, susu dancow full cream campur milo, susu campur madu bikin gemuk, berapa kali seminggu melatih otot perut, cara menggemukkan pipi di bulan puasa, gerakan olshraga yg baik dpt kcilkan pantat &psha pd saat puasa, olahraga yg membakar banyak lemak saat puasa, susu indomilk full cream bisa bikin gemuk, joging yang baik untuk membuat badan gemuk, berapa lama waktu untuk skipping, manfaat susu ovaltin, menambah massa otot perut, dosis kunyit putih untuk diabetes, roma sari gandum bikin gemuk??, zumba saat puasa, dancow gemuk berapa bulan, manfaat minum jamu kunyit asam sehari dua kali, Vidio no tubuli, membuat perut six pack dalam bulan puasa, cara membentuk otot dada biar bagus sa at puasa, tips cepat gemuk dengan susu di campur apa, Berapakalikah minum ramuan temulawak untuk menurunkan berat badan, tinggi badan kekar, cara mengecilkan paha dan bokong selama puasa, waktu olah raga yang baik bagi tubuh di bulan ramadhan bentuk otot lengan dan paha, cara mengecilkan paha dan punggung untuk perempuan, cara melangsingkan paha bahan alami, cara membuat tubuh berotot dalam 1 minggu, berapa lama otot perut bisa terbentuk, Milo naikkan berat badan, gambar cara cpat agar perut jadi sispack dan otot lengan dan menurunkan bb, ramuan mengecilkan lengan, cara mengecilkan lengan atas tanpa olahraga, cara mengkonsumsi madu untuk menambah berat badan
artikel terpopuler
apakah dancow bisa menambah berat badan, olah raga yang bisa mengecilkan bagian perut dan paha, Susu dancow dan milo, cara mengecilkan Tangan dan kaki tanpa olahraga, makan telur dan madu bisa gemuk, Telur rebus menambah berat badan gemuk berotot, setelah olahraga meminum jamu kunyit asam, olaraga ringan menghilangkan perut buncit biar sispek, Brapa kali sehari olahraga yg bisa buat badan tinggi, Cara mengecilkan betis dengan air panas, minum kunyit asam sebaiknya setelah makan pa sebelum makan, cara mengencangkan dada pria yang bergelambir, untuk membentuk otot betis dgn skipping butuh brp hari, manfaar kunyit asam jeruk nifis, renang sama yoga bagus mana, manfaat fisik jogging untuk volly, sehat raga kegunaan baking soda untuk memutihkan kulit tangan dan kaki, penyebab pinggul dan paha besar, kapan waktu tepat meminum jamu kunyit asam, apakah madu tj dapat menggemukan badan, bagaimana mengecilkan bokong dengan bahan alami, lama membentuk otot perut, makan kuning telur mentah biar nambah berat badan, susu dancow buat perut six pack#spf=1, apakah oat naraya choco bikin kurus?, milo bisa buat gemuk?, apakah bakso bisa bikin gemuk, Kekar tanpa fitnes, apa efek susu dancow campur milo, untuk mengecilkan paha dan kaki minimal olahraga berapa kali, lemak oat choco, zumba disiang hari apakah dapat membakar lemak, susu apa yg membuat gendut untuk penyakit diabetes, milo menambah berat badan, olahraga yag membua lengan dan paha mengecil, berapa lama menurunkan paha dan pantat, gemuk dengan daun pepaya#spf=1, cara agar otot perut cepat tebal dan membentuk, manfaat milo menggemukkan badan, panggul membesar, cara mengecilkan paha dg ramuan tradisional, apakah milo bisa menambah berat badan#spf=1, cara mengecilkan paha dan pinggul secara cepat dan alami, susu campur madu bikin otot tangan, madu tj penambah berat badan, cream alami untuk mengecilkan lengan, cara buat juice minuman perut sixpack, menu pengganti ikan untuk d makan hari2, ramuan oles yg bisa bikin lengan kecil, cara meninggikan badan dan sisfex, cara ngecilin pinggul alami, Minum susu elme, skipping 1000 kalori, Cara mengevilkan bonkong beserta gambarnya, foto tata cara membuat perut kotak2, pemanasan dipagi hari otot perut dan dada, menu 4sehat 5smpurna, susu milo bikin gemuk, berapa berat badan yg kemungkinan menutupi perut sispek, obat agar cepat sixpack, resepi jamu jus asam kunyit madu, cara cepat gemuk dengan kunyit, cara mengecilkan punggung pingggang, berapa hari sekali supaya badan sixpack harus olahraga, cara membuat smoothie untuk menambah berat badan, cara agar pinggul kecil, apakah milo menyebabkan tembem, berqpa kali lomoatan dalam sehari untuk meninggikan badan, cara bikin perut kempes, berapa lama membentuk abs